TUGAS 6 APSI - Analisis Use Case

Analisa Use Case adalah metode berbasis teks untuk menggambarkan dan mendokumentasikan proses yang kompleks. Use case menambahkan detail untuk requirement yang telah dituliskan pada definisi sistem requirement.

 Pada kesempatan kali ini akan digunakan use-case pada studi kasus aktivitas customer dan pelayan pada minimarket indomaret.

Use Case Name : Aktivitas customer dan pelayan pada minimarket Indomaret.

ID : UC-1

Priority :High

Actor

·       Customer: Individu yang melakukan pembelian produk di minimarket.

·       Pelayan: Petugas atau kasir di minimarket yang melayani pembelian produk.

Description

Pelanggan (customer) berinteraksi dengan pelayan (pelayan) untuk melakukan pembelian produk di minimarket. Pelanggan memilih produk yang ingin dibeli, memberikan informasi pembayaran, dan menerima produk yang dibeli. Pelayan bertanggung jawab untuk menerima pesanan, menghitung jumlah pembayaran, dan memberikan produk kepada pelanggan.

Trigger

Pelanggan ingin membeli produk di minimarket.

Type

Eksternal

Preconditions

1.      Minimarket telah dibuka dan beroperasi.

2.      Produk yang dibeli tersedia di minimarket.

Normal Course

1.      Pelanggan memasuki minimarket.

2.      Pelayan menyapa pelanggan dan menawarkan bantuan jika diperlukan.

3.      Pelanggan memilih produk yang ingin dibeli dan menyerahkan produk kepada pelayan.

4.      Pelayan menerima produk dari pelanggan dan memeriksa kelengkapan serta kondisinya.

5.      Pelayan menghitung jumlah total pembayaran berdasarkan harga produk.

6.      Pelanggan memberikan pembayaran kepada pelayan.

7.      Pelayan memeriksa pembayaran dan memberikan kembalian jika diperlukan.

8.      Pelayan memberikan produk yang dibeli kepada pelanggan dan kuitansi.

9.      Pelanggan meninggalkan minimarket dengan produk yang telah dibeli.

Alternative Course

1.     Pada langkah 2, jika pelanggan tidak membutuhkan bantuan, pelanggan dapat langsung melanjutkan ke langkah 3.

2.     Pada langkah 3, jika produk yang diinginkan pelanggan tidak tersedia, pelayan dapat menawarkan alternatif atau menyarankan untuk mencari di minimarket lain.

3.     Pada langkah 4, jika produk yang diserahkan pelanggan rusak atau tidak sesuai dengan yang dipesan, pelayan dapat mencari solusi alternatif seperti penggantian atau pengembalian dana.

4.     Pada langkah 6, jika pembayaran yang diberikan pelanggan tidak mencukupi, pelayan dapat menawarkan opsi pembayaran lain atau meminta pelanggan untuk membayar sisa yang kurang.

5.     Pada langkah 7, jika pembayaran yang diberikan oleh pelanggan tidak valid atau pembayaran ditolak, pelayan dapat memberikan penjelasan atau mencari solusi alternatif seperti pembayaran dengan metode lain.

6.     Pada langkah 8, jika produk yang dibeli tidak tersedia atau tidak dapat diberikan kepada pelanggan, pelayan dapat menawarkan alternatif atau meminta maaf dan mengembalikan pembayaran.

Postconditions

1.      Pelanggan keluar dari minimarket dengan produk yang telah dibeli.

2.      Pelayan melanjutkan tugasnya dengan pelanggan berikutnya atau tugas lainnya.

Exceptions

1.      Jika minimarket tutup atau dalam keadaan darurat, use case ini tidak dapat dilakukan.

2.      Jika terjadi kesalahan sistem atau pembayaran yang tidak valid, pelayan dapat meminta bantuan manajer atau petugas yang lebih berwenang.

3.      Jika terjadi konflik atau masalah dengan pelanggan, pelayan dapat meminta bantuan manajer atau petugas keamanan.

Summary

Inputs: Barang belanjaan
Source: Aktivitas customer dan pelayan Indomaret
Outputs: Transaksi jual-beli
Destination: Minimarket

 Berikut adalah diagram use-casenya:

referensi : 

1. http://eprints.binadarma.ac.id/683/1/ANALISIS%20PERANC.%20SISTEM%20INFORM%20materi%208.pdf 

2. http://fajarbaskoro.blogspot.com/2018/10/apsi-analisa-use-case.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

QUIZ 2 PBKK A

QUIZ PBKK A

UAS - APSI